Materi ini terdapat di Buku Siswa kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor halaman 1-9.
Muatan pelajaran yang terdapat dalam materi kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 yaitu Bahasa Indonesia dan IPA.
Adapun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu:
- Meringkas teks eksplanasi pada media cetak
- Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Perhatikan teks eksplanasi berikut!
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Teks tersebut termasuk ke dalam teks eksplanasi. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di DI atas?
Untuk mempermudah kamu memperoleh informasi dari bacaan tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
- Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
- Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
- Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
- Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
- Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
- Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
- Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!
Paragraf 2 : .................................................................................................
Paragraf 3 : .................................................................................................
Paragraf 4 : .................................................................................................
8. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?
- Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
- Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
- Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
- Amati, ukur, dan catat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
- Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
- Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
- Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
- Jelaskan kesimpulan yang dapat kamu tarik dari kegiatan di atas?
- Apa saja hal menarik yang kamu dapatkan pada kegiatan pembelajaran hari ini?
- Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? Sebutkan!
- Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada masing-masing kegiatan?
- Bagaimana caramu untuk mengatasinya?
Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!
Sumber referensi:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
0 komentar:
Posting Komentar