Belajar Berbagi: Pengalaman Bersama PembaTIK (3)

 Assalamualaikum wr wb.

Semangat pagi selalu ya sahabat dimanapun berada💪


Melanjutkan tulisan sebelumnya, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti PembaTIK level 3 Gelombang 16 tahun 2020 yang dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2020 sampai dengan 26 Agustus 2020. 

PembaTIK level 3 tahun 2020 ini hanya terdiri dari 17 gelombang. Berdasarkan data di laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020_level3, Provinsi Banten menempati urutan kedua dengan peserta terbanyak, yaitu sebanyak 434 peserta dari Banten yang mengikuti PembaTIK level 3 ini. Urutan pertama ditempati oleh  Provinsi Jawa Timur yaitu sebanyak 649 peserta dan urutan ketiga adalah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 390 peserta.

Terdapat empat modul dalam level 3 ini, yaitu: 

            
Modul 9 berisi tentang Media Pembelajaran Berteknologi Digital

             
Modul 10 berisi tentang Pembuatan Media Video Pembelajaran


             
 Modul 11 berisi tentang Pembuatan Multimedia Interaktif


             
modul 12 berisi tentang Inovasi Pembelajaran yang Mengitegrasikan TIK.

Penilaian akhir pada level 3 ini tidak hanya dari tugas dan ujian akhir saja, tetapi keaktifan peserta pada forum diskusi juga dinilai. Komposisi penilaian akhirnya yaitu 60% tugas akhir membuat konten pembelajaran, 30% nilai ujian akhir, dan 10% keaktifan di forum diskusi.

Tugas akhir di level 3 tahun 2020 yang harus dikerjakan peserta adalah membuat konten pembelajaran. Konten yang harus dibuat boleh berupa video pembelajarn atau multimedia interaktif, dan peserta diberi pilihan untuk memilih salah satu konten saja. Pembuatan konten pembelajaran tersebut harus memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan yang dapat peserta lihat di  kelas simpatik. Konten yang telah dibuat, harus diunggah ke google drive, dan link tautannya diisikan di lembar jawaban yang ada di kelas Simpatik. 

Saya memilih membuat video pembelajaran sebagai tugas akhir level 3 ini. Konten video pembelajaran saya yaitu materi pembelajaran kelas 5 tentang organ gerak pada manusia.

Berikut adalah konten video pembelajaran yang saya buat untuk memenuhi tugas akhir PembaTIK level 3 ini.

Tugas Akhir PembaTIK Level 3 Tri Pangesti

Sedikit tips dan trik dari saya agar bisa menyelesaikan tugas akhir tepat waktu, setelah masuk kelas, lihat tugas akhir yang harus dikumpulkan, lalu segeralah  merencanakan konten pembelajaran apa yang akan kita pilih untuk dibuat. Jangan menunda waktu untuk membuat konten tersebut, agar sebelum waktu ujian akhir tiba, tugas akhir kita sudah selesai dikerjakan dan kita dapat fokus mempelajari modul untuk persiapan ujian akhir.

Jangan lupakan pula, forum diskusi yang harus kita ikuti. 10% penilaian akhir diambil dari keaktifan kita di forum. Di level 3 ini juga ada webinar pendalaman materi yang dibimbing oleh bapak/ibu instruktur baik dari Pusdatin Kemdikbud maupun para Duta Rumah Belajar. Dengan mengikuti webinar tersebut juga akan menambah poin keaktifan kita di forum.

Itu tadi sedikit tips dan trik supaya kita bisa menyelesaikan tugas akhir level 3 tepat waktu dan dapat tenang mempelajari modul untuk persiapan ujian.

Gelombang 16 melaksanakan ujian akhir pada tanggal 25-26 Agustus 2020. Soal ujian akhir level 3 ini berjumlah 40 butir soal, sama dengan jumlah soal ujian di PembaTIK level 1 dan 2. 

Agar dapat lancar mengerjakan soal-soal ujian, pastikan sahabat sudah mempelajari modul-modul level 3 terlebih dahulu ya. Jangan lupa kerjakan juga soal-soal latihan yang ada dalan modul, sehingga sahabat menguasai materi yang ada dalam modul dan lancar mengerjakan soal ujian.

Alhamdulillah setelah saya cek informasi kelulusan PembaTIK level 3, saya dinyatakan lulus. Selain itu, ternyata saya juga dinyatakan terpilih sebagai peserta PembaTIK level 4 tahun 2020.

Proses untuk bisa mengikuti PembaTIK level 4 ini tidak sama seperti saat kita akan mengikuti level 1, dan 3 yang dapat kita ikuti hanya dengan mendaftar mandiri di laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id dan akan segera diterima apabila kuota peserta masih tersisa.

Untuk level 4 atau level berbagi, peserta tiap provinsi hanya berjumlah 30 orang dan yang menentukan siapa saja yan berhak untuk  mengikuti PembaTIK level 4 tahun 2020 ini langsung dari Pusdatin dengan mengambil 30 peserta berdasarkan urutan nilai dari yang tertinggi pada level 3 di tiap provinsinya.


Semakin tinggi levelnya, semakin banyak pula tugas yang harus dikerjakan peserta. Pada leve 4 ini, sebelum memulai pembelajaran atau pra pembelajaran, setiap peserta diwajibkan mengirimkan tiga berkas yaitu:

1. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) baik dalam format video, multimedia ataupun infografis

2. Portofolio

3. Essai tentang motivasi menjadi Duta Rumah Belajar maksimal 500 kata

Semua berkas tersebut diunggah ke google drive dan link tautannya disematkan di kolom jawaban


Jumlah modul yang ada pada level 4 ini sama seperti level-level sebelumnya, yaitu sebanyak empat modul.

Modul 13 berisi tentang Penulisan Artikel Populer dan Ilmiah Populer

Modul 14 berisi tentang Strategi Berbagi

Modul 15 berisi tentang Komunikasi Efektif

Modul 16 berisi tentang Pemanfaatan Konferensi Video


Tugas akhir pada level 4 ini terdiri dari:

1. Membuat vlog yang berisi bagaimana mensosialisasikan portal Rumah Belajar dan implementasi inovasi pembelajaran memanfaatkan portal Rumah Belajar.

2. Membuat Blog terkait inovasi pembelajaran memanfaatkan portal Rumah Belajar.

3. Melaksanakan tatap maya / tatap muka jika memungkinkan mengingat saat ini adalah masa pandemi covid-19.

Tugas-tugas tersebut juga harus diunggah di google drive dan link tautannya disematkan dalam lembar jawaban tugas.


Nah, untuk saat ini saya masih berproses dalam mengerjakan tugas akhir level 4 ini. 

Mohon doanya dari Sahabat semua agar Allah senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran dan kemampuan kepada saya untuk menjalani proses ini. Aamiin

Semangat Kawan!!

Insya Allah BANTEN JUARA!


Wassalamualaikum wr wb.

1 komentar: