Belajar Berbagi: Pengalaman Bersama PembaTIK (2)

Assalamualaikum wr wb..

Sahabat..

Yuk, kita lanjutkan Belajar Berbagi dari PembaTIK sesi kedua!


Setelah melihat pengumuman kelulusan PembaTIK level 1 dan saya dinyatakan lulus, saya kemudian mencoba untuk mendaftar di level 2. 

Berdasarkan data yang ada di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020_level2 , statistik keseluruhan  peserta dari Banten yang mengikuti PembaTIK level 2 tahun 2020 ini sebanyak 1673 peserta dan Banten merupakan provinsi dengan jumlah peserta terbanyak kedua setelah Jawa Timur yang pesertanya sebanyak 2252 peserta.

Alhamdulillah saya diterima sebagai peserta di level 2 gelombang 29, dan peserta yang terdaftar di gelombang ini hanya berjumlah 137 orang. 

Level 2 gelombang 29 ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juni sampai 27 Juli 2020. Sama seperti level 1, pada level 2 ini juga terdapat empat modul yang harus dipelajari yaitu modul 5 tentang Penerapan Pembelajarn Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar, modul 6 tentang Penerapan Pembelajaran Menggunakan Fitur-Fitur Rumah Belajar, modul 7 tentang Pemanfaatan Media TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran serta modul 8 tentang Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Belajar.

Berikut modul-modul yang ada di PembaTIK level 2:

Modul 5 PembaTIK level 2

Modul 6 PembaTIK Level 2

Modul 7 PembaTIK level 2

Modul 8 PembaTIK Level 2

Selain di level 2 ini ada tugas akhir berupa membuat vlog kegiatan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 ini dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar yang bisa diakses melalui  https://belajar.kemdikbud.go.id/.

Ini adalah pengalaman pertama saya membuat vlog. Saya yang sering grogi tidak percaya diri berbicara di depan kamera, akhirnya 'terpaksa' berani berbicara di depan kamera demi menyelesaikan tugas PemabTIK level 2 ini. Seperti inilah vlog yang saya buat untuk memenuhi tugas akhir PembaTIK level 2.


Dengan mengikuti PembaTIK ini, banyak ilmu baru yang saya peroleh. Saya menjadi bisa membuat vlog, walaupun vlog saya masih jauuuhh dari kata sempurna, setidaknya menjadi pengalaman pertama saya membuatnya.

Ujian akhir level 2 gelombang 29 dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Juli 2020. Penilaian pada level 2 ini terdiri dari 60% nilai tugas akhir dan 40% dari nilai ujian akhir.

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya ada informasi bahwa hasil akhir PembaTIK level 2 sudah bisa dilihat di akun simpatik. Dari 137 peserta di gelombang 29, ternyata hanya 37 peserta yang dinyatakan lulus. Saya coba cek akun simpatik saya, alhamdulillah saya lulus dan memiliki kesempatan untuk lanjut ke PembaTIK level 3.

Level 3 PembaTIK hanya terdiri dari 17 gelombang. Mungkin karena banyak peserta yang gugur di level 2, sehingga gelombang di level 3 tidak sebanyak saat level 1 dan 2.

Pengalaman mengikuti PembaTIK level 3 akan saya kupas di postingan berikutnya ya sahabat... don't miss it!


Wassalamualaikum wr wb





0 komentar:

Posting Komentar