BDR Asyik Bersama Rumah Belajar


 

Hallo Sahabat Rumah Belajar!

Sudah beberapa bulan ini kita melaksanakan pembelajaran secara BDR alias Belajar dari Rumah.

Gimana ya caranya supaya walaupun belajar dari rumah tetapi tetap asyik dan tidak menjenuhkan?

Yuk, cari tahu jawabannya dengan mengikuti cerita kegiatan berbagi ke-8 saya bersama guru-guru hebat di Kecamatan Baros yang mengusung tema "BDR Asyik Bersama Rumah Belajar".

Cekidot!

Tiga hari sebelum acara dilaksanakan, saya berkomunikasi dengan Bapak Jarkasih, S.Pd., M.Pd selaku Korwas Kecamatan Baros. Saya meminta izin untuk mengadakan kegiatan berbagi bersama guru-guru hebat di Kecamatan Baros. 

Alhamdulillah beliau memberikan respon positif dan memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi di hari Jumat, 9 Oktober 2020 secara tatap maya melalui aplikasi zoom cloud meetings. Kemudian saya mengirimkan flyer kegiatan kepada beliau, untuk diteruskan ke WA grup guru Kecamatan Baros.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB. Diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Bapak Jarkasih, S.Pd., M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Materi yang saya sampaikan yaitu tentang BDR Asyik Bersama Rumah Belajar. 

Mengapa sih Rumah Belajar bisa membuat BDR menjadi asyik? 

Ya, karena Rumah Belajar menjawab semua masalah yang dihadapi saat BDR, fitur-fiturnya menarik dan interaktif serta dapat diakses secara gratis. Jadi, mari belajar dan bergabung dengan pengguna lainnya di Rumah Belajar.

Rumah Belajar dapat mudah diakses baik menggunakan laptop maupun gawai, baik melalui web di laman  https://belajar.kemdikbud.go.id/  ataupun melalui aplikasi Rumah Belajar yang dapat diunduh di Playstore untuk gawai berbasis android dan di AppsStore untuk gawai berbasis iOS.

Selanjutnya saya juga memaparkan fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar, baik fitur utama, fitur pendukung, maupun sumber belajar lainnya termasuk tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang salah satu programnya adalah PembaTIK. 

Penasaran seperti apa  fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar? Silakan Sahabat kunjungi laman web nya atau buka aplikasinya yaaa.. Insya Allah Sahabat akan betah berlama-lama berselancar menikmati fitur-fitur menarik Rumah Belajar.

Selain berbagi tentang Rumah Belajar yang dapat membuat BDR menjadi asyik, saya juga mengajak kepada guru-guru hebat yang belum mengikuti PembaTIK, agar di tahun mendatang mau mengikuti. Harapan saya, di tahun-tahun mendatang SRB (Sahabat Rumah Belajar)  Provinsi Banten yang merupakan guru SD akan semakin bertambah. Karena pada tahun 2020 ini, dari 30 orang SRB Provinsi Banten hanya 4 orang yang merupakan guru SD.

Ayo semangat bapak/ibu guru SD hebat!💪

Selesai pemaparan materi, acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi dengan guru-guru hebat dari Kecamatan Baros. Saya sangat bersyukur ternyata guru-guru hebat di Kecamatan Baros sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sesi tanya jawab dan diskusi berlangsung dengan interaktif.





sumber gambar: dokumen pribadi

Demikian cerita berbagi saya bersama guru-guru hebat di Kecamatan Baros.

Tetaplah berbagi berbagai hal positif ya, Sahabat..
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Referensi:



 










4 komentar: