Berbagi Bersama Guru Kecamatan Ciruas: Pembelajaran Berbasis TIK Asyik Bersama Rumah Belajar


Hai.. hai.. hai...!!!

Assalamualaikum, Sahabat Rumah Belajar..

Semangat pagi untuk selalu berbagi ya, Sahabat! 

Kali ini saya akan kembali berbagi melalui tulisan tentang kisah kegiatan saya dan Ibu Nur Paridah S.Pd  yang merupakan SRB Banten dari kecamatan Cinangka. Kami berkolaborasi berbagi dengan guru-guru hebat di Kecamatan Ciruas.

Pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020 lalu, saya dan Ibu Nur Paridah, S.Pd  telah berkolaborasi berbagi dengan guru-guru hebat di Kecamatan Cinangka. Nah, hari Kamis tanggal 8 Agustus 2020 ini kami kembali berkolaborasi untuk berbagi dengan guru-guru hebat di Kecamatan Ciruas.

Ini merupakan kegiatan berbagi saya yang ke-7 dan dilaksanakan secara tatap maya melalui aplikasi zoom cloud meetings. Terima kasih kepada Ibu Marwati, S.Pd., M.M (Koordinator Pengawas Kecamatan Ciruas) dan  Bapak Ahmad Hujaeni, S,Pd., M.Si (Kepala SDN Sadah) yang telah mendukung,  memfasilitasi, memberikan kesempatan dan waktu kepada kami untuk berbagi di Kecamatan Ciruas.

Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan dari Ibu Marwati, S.Pd., M.M kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Tema yang diusung dalam berbagi ini adalah Pembelajaran Berbasis TIK Asyik Bersama Rumah Belajar. 

Pembelajaran berbasis TIK akan lebih mudah terwujud apabila bapak/ibu guru yang merupakan fasilitator dalam pembelajaran mempunyai kemampuan TIK yang cukup. Karena itu, di sini kami mengajak kepada guru-guru hebat di Kecamatan Ciruas untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan TIK yang dimilikinya agar pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dapat berjalan lancar.

Salah satu program peningkatan kompetensi TIK guru yang diselenggarakan dengan mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru adalah PembaTIK. Jadi, materi pertama yang kami sampaikan adalah terkait dengan pelatihan PembaTIK, manfaatnya, cara mendaftar dan mengikutinya serta tak lupa  tips trik mengikuti PembaTIK. Untuk materi yang pertama ini, saya mencoba untuk memaparkannya.



sumber gambar: dokumen pribadi

Setelah materi pertama selesai dipaparkan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi tentang PembaTIK. 

Kemudian berlanjut kembali dengan pemaparan materi kedua, yaitu tentang Rumah Belajar oleh Ibu Nur Paridah, S.Pd

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disediakan secara gratis oleh Kemdikbud yang dapat diakses dengan mudah baik melalui web di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/ maupun melalui aplikasi Rumah Belajar di gawai.

Terdapat banyak fitur menarik pada portal Rumah Belajar ini lho, Sahabat. Fitur utama Rumah Belajar ini ada empat yaitu: Sumber belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Selain fitur utama, terdapat fitur pendukung dan sumber belajar lainnya. Silakan Sahabat kunjungi laman web nya atau buka aplikasinya di gawai. Insya Allah Sahabat akan betah berselancar dengan berbagai fiturnya yang menarik.


sumber gambar: dokumen pribadi

Alhamdulillah, para guru hebat di Kecamatan Ciruas  ternyata sangat antusias mengikuti kegiatan berbagi ini. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan baik terkait dengan materi pertama maupun materi kedua, dan kami mencoba memberikan jawaban terbaik untuk para guru hebat di Kecamatan Ciruas.

sumber gambar: dokumen pribadi

Seperti itulah kisah berbagi saya kali ini. 
Tetaplah berbagi berbagai hal positif ya, Sahabat..
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Referensi:




0 komentar:

Posting Komentar