Bersilaturahmi dan Berbagi dengan Guru SDN Cisalam: PKB Guru Melalui PembaTIK


Hallo Sahabat Rumah Belajar,

Masih dengan semangat pagi untuk belajar berbagi melalui tulisan, kali ini saya akan coba menulis tentang cerita kegiatan berbagi saya dengan guru SDN Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang yang berlokasi di Jalan Tumenggung Jaya Maruta Km.02 Desa Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang. 

Ini merupakan kegiatan berbagi saya yang ke-6 dari serangkaian jadwal kegiatan berbagi di PembaTIK level 4 yang sudah saya susun sebelumnya di sini.

Hari Rabu, tanggal 7 Oktober 2020 adalah hari yang saya nantikan, Sahabat.

Mau tahu  kenapa saya nantikan? 

Baik, saya beritahu yaaa.. 😊

Saya menantikan hari itu, karena pada tanggal 7 Oktober 2020  saya berkesempatan untuk berbagi sekaligus bertemu kembali dengan guru-guru dari SDN Cisalam. Terima kasih kepada Ibu Hj. N. Ade Sukaesih Kepala SDN Cisalam yang telah memberikan kesempatan, ruang dan waktunya  kepada saya.

 sumber gambar: dokumen pribadi

SDN Cisalam adalah sekolah tempat saya bertugas pertama kali sejak diangkat menjadi ASN, dan sejak tiga bulan lalu tepatnya bulan Juli 2020 saya pindah tugas ke sekolah yang lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal.

Jadi kegiatan ini selain berbagi dan berdiskusi  juga sebagai ajang silaturahmi berkumpul kembali dengan teman-teman seperjuangan. 
Sambil menyelam, dua tiga pulau terlewati. 
Kira-kira seperti itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya.😀

Oiya, kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara diawali dengan pembukaan, sambutan dari Ibu Kepala Sekolah, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Materi yang dibahas adalah tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Melalui PembaTIK.

Saya memaparkan berbagai hal terkait PKB, Simpatik, PembaTIK, serta pelatihan-pelatihan yang bisa diikuti oleh guru sebagai bentuk pengembangan keprofesiannya. Untuk bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang tersedia di simpatik, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Antara lain: 1) registrasi akun di laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/, 2) login, 3) daftar ke pelatihan dan 4) tunggu konfirmasi. 

sumber gambar: 

PKB merupakan salah satu fitur pendukung yang terdapat di portal Rumah Belajar lho, Sahabat. Kita dapat mengakses Rumah Belajar baik melalui web di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/ maupun dengan mengunduh aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud melalui gawai yang kita miliki. 

Selain PKB, masih banyak fitur-fitur keren yang ada di Rumah Belajar. Untuk mengetahui apa saja fitur-fitur yang ada dalam Rumah Belajar, silakan Sahabat kunjungi laman websitenya atau buka aplikasinya. Insya Allah Sahabat akan betah berlama-lama berselancar mangarungi web dan aplikasi Rumah Belajar.

Setelah pemaparan materi kami berdiskusi dan ada rekan guru yang bertanya: 
"Apakah bila tahun ini belum lulus PembaTIK level 1, masih bisa mendaftar di tahun berikutnya?"
Jawabannya tentu saja bisa ya, Sahabat. PembaTIK ini diadakan tiap tahun sebagai wadah bagi guru-guru untuk meningkatkan kompetensi TIK.

Rekan-rekan guru SDN Cisalam sangat antusias mengikuti acara ini dan Ibu Kepala Sekolah juga mengharapkan untuk ke depannya guru-guru SDN Cisalam dapat aktif mengikuti pelatihan-pelatihan untuk termasuk mengikuti PembaTIK. 

sumber gambar: dokumen pribadi

Indahnya bersilaturahmi dan berbagi.
Jangan sungkan dan malu untuk terus berbagi.
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

-----
Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar