Webinar Kolaborasi SRB Banten: Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK

 


Hai..hai...hai... Sahabat Rumah Belajar!

Semangat pagi selalu, yaaa 💪

Seperti saya yang selalu semangat pagi untuk berbagi melalui tulisan niih, walaupun entah ada atau tidak yang membacanya selain saya sendiri...hehe

Setidaknya melalui tulisan, kisah yang pernah kita lalui dapat tetap terkenang di jari..ups.. di hati maksudnya.. ahayy😊

Seperti kisah berbagi saya yang ke- 5 di hari Senin tanggal 5 Oktober 2020 berikut ini. 

Jadi, setelah tadi pagi pukul 09.00 - 10.00 WIB saya berkolaborasi dengan Ibu Nur Paridah S.Pd untuk berbagi bersama guru-guru hebat di Kecamatan Cinangka, siang ini pada  pukul 13.00 - 15.00 WIB di hari yang sama saya kembali berkolaborasi dengan sesama SRB Banten untuk berbagi bersama guru-guru hebat dari SD Islam Perwanida Nurul Fajar yang berlokasi di Bojonggede Kabupaten Bogor.

Terima kasih kepada Ibu Mirana, M.Pd selaku SD Islam Perwanida Nurul Fajar yang telah memberikan kami ruang dan waktunya untuk berbagi bersama guru-guru hebat SD Islam Perwanida Nurul Fajar.

Sama seperti pagi tadi, kegiatan berbagi kali ini juga secara tatap maya melalui aplikasi zoom cloud meetings. Saya berkolaborasi dengan dua SRB Banten 2020 yang berasal dari Kota Tangerang Selatan, yaitu Ibu Lilis Lisnawati, S.Pd dan Bapak Yusuf Shodiqin, S,Pd. Acara dibuka oleh Kepala SD Islam Perwanida Nurul Fajar dan dimoderatori oleh Ibu tatik Hikmawati, M.Pd. Alhamdulillan para guru SD Islam Perwanida Nurul Fajar sangat antusias, bersedia meluangkan waktunya mengikuti kegiatan ini.

Materi pertama disajikan oleh Bapak yusuf Shodiqin, S.Pd membahas tentang Produk dan Layanan Pusdatin Kemdikbud, seperti TV Edukasi, Suara Edukasi, dan tentunya portal pembelajaran keren yang gratis yaitu Rumah Belajar. 

Selain itu, dibahas pula mengenai pemanfaatan bantuan kuota belajar dari kemdikbud. Kita dapat mengunduh buku saku program kuota belajar (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/buku-saku-faq-program-kuota-belajar).

sumber gambar: dokumen pribadi

Setelah Bapak Yusuf selesai memaparkan materi pertama, tiba waktu nya saya menyampaikan materi, Sahabat. 

Materi yang saya paparkan yaitu tentang PembaTIK yang merupakan salah satu bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru dan PembaTIK ini adalah program Kemdikbud dalam rangka peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerngka kerja guru UNESCO dengan empat level di dalamnya yaitu: level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi . Pada bagian akhir kegiatan PembaTIK ini akan dipilih 5 terbaik dari tiap provinsi untuk mengikuti seleksi Duta Rumah Belajar Nasional.

Kami berharap, di tahun-tahun mendatang lebih banyak lagi guru-guru di Provinsi Banten yang mengikuti PembaTIK in agar kemampuan TIK guru-guru di Provinsi Banten lebh meningkat.


sumber gambar: dokumen pribadi

Setelah materi tentang PembaTIK selesai saya paparkan, tiba giliran Ibu Lilis Lisnawati, S.Pd menyampaikan materi tentang Smart Aplication Creator 3 (SAC3). 

Sahabat sudah pernah mendengar apa itu SAC3?

Ya, SAC3 adalah aplikasi multimedia interaktif  membantu mempermudah pembelajaran. Sahabat dapat membuat multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi ini, fitur-fitur yang ada dalam SAC3 ini sangat mudah untuk digunakan. 

Sebelum menggunakan SAC3, sahabat perlu mengunduhnya terlebih dahulu di fitur Kelas Maya Rumah Belajar yang dapat diakses di laman https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/. Ikuti semua tahapan yang ada di Kelas Maya tersebut seluruhnya yaa, jangan ada yang terlewati. Selanjutnya Sahabat dapat mulai berkreasi membuat media pembelajaran multimedia interaktif yang menarik.



sumber gambar: dokumen pribadi

Sahabat, itulah sekelumit  kisah berbagi saya dengan sesama SRB Banten 2020. 
Kisah yang kelak akan menjadi sebuah kisah kisah klasik untuk masa depan (Sheila on 7 mode on)😉

Jangan lupa untuk terus menggunakan portal Rumah Belajar, yaaa. 
Kunjungi website Rumah Belajar di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/ atau unduh aplikasinya melalui gawai yang Sahabat miliki.

Jangan lelah untuk berbagi
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar