Berbagi Bersama Guru Kecamatan Cinangka: Sharing Tips Pembatik dan PJJ Asyik dengan Rumah Belajar

 


Hallo Sahabat Rumah Belajar!

Semangat pagi selalu yaaa💪

Pada kesempatan ini, saya ingin menulis 
dan berbagi tentang salah satu manfaat yang saya rasakan dengan mengikuti bimtek PembaTIK. 

Ya, selain meningkatkan kemampuan TIK guru, manfaat lain yang saya peroleh melalui bimtek PembaTIK ini adalah memperoleh teman baru dari daerah yang berbeda. 

Alhamdulillah di PembaTIK level 4 ini saya dipertemukan dengan teman baru dari kecamatan berbeda yang ada di Kabupaten Serang, yaitu Ibu Nur Paridah S.Pd. Beliau adalah guru di SDN Kampungbaru Kecamatan Cinangka. 

Kami berkolaborasi untuk berbagi bersama bapak/ibu guru hebat yang ada di Kecamatan Cinangka pada hari Senin, 5 Oktober 2020 dengan mengusung tema "Sharing Tips PembatIK dan PJJ Asik dengan Rumah Belajar."

Seperti apa cerita lengkapnya?

Yuk, simak tulisan saya berikut ini!

Ini merupakan kegiatan berbagi saya yang ke-4, setelah hari Sabtu lalu saya berbagi dengan siswa di sekolah tempat saya bertugas. Berbagi kali ini dilakukan secara tatap maya melalui aplikasi zoom cloud meetings.

Terima kasih kepada Bapak Drs. H. Atang, M.M.Pd (Koordinator Pengawas SD Kecamatan Cinangka), Bapak Dede Budiman, S.Pd (Pengawas SD Kecamatan Cinangka), dan Ibu Pupun Kurniasih, M.M.Pd (Ketua K3S Kecamatan Cinangka) yang telah memfasilitasi dan memberi izin kepada kami untuk berbagi.

Pada kegiatan ini, saya mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan materi tentang PembaTIK. yang  merupakan kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK, merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi TIK guru dari kemendikbud dengan mengacu kepada kerangka kinerja guru UNESCO dan terdiri dari empat level standar kompetensi yaitu level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi.

                                                        sumber gambar: dokumen pribadi

Para guru dari semua jenjang pendidikan dapat mengikuti kegiatan ini  dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan akun simpatik, kemudian login dan pilih pelatihan yang diminati lalu daftar pelatihan. Tahap selajutnya yaitu menunggu konfirmasi, panitia pelatihan akan memverifikasi pendaftaran.

sumber gambar: dokumen pribadi

Tips dalam mengikuti PembaTIK ini adalah tetapkan terlebih dahulu apa yang menjadi motivasi kita untuk mengikuti kegiatan ini. Bila kita memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuan TIK dan dibarengi dengan kemauan untuk membaca, memanajemen waktu dengan baik dan mengerjakan tugas dengan maksimal, Insya Allah akan berhasil dalam mengikuti PembaTIK.
sumber gambar: dokumen pribadi

Selanjutnya Ibu Nur Paridah, S.Pd menyampaikan materi kedua yaitu tentang PJJ Asyik Bersama Rumah Belajar. PJJ ternyata tidak selamanya menjenuhkan lho, Sahabat. Dengan memanfaatkan Rumah Belajar, PJJ menjadi semakin mengasyikkan. Rumah Belajar dengan fitur-fitur utama seperti sumber belajar, kelas maya, laboratorium maya,  serta fitur pendukung terdiri dari Buku Seri Elektronik, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan, dan Edugame dapat diakses melalui web di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/ atau mengunduh aplikasi Rumah Belajar secara gratis melalui gawai.
sumber gambar: dokumen pribadi

Alhamdulillah Bapak/ibu guru yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Ada seorang guru yang bertanya, "Bila tahun ini sudah mendaftar PembaTIK level 1 tapi tidak ikut ujian akhirnya, apakah bisa mengulang kembali?"

Ternyata jawabannya adalah sangat bisa ya, Sahabat. PembaTIK ini diselenggarakan tiap tahun. Bila tahun ini belum lulus di suatu level , maka tahun depan kita masih memiliki kesempatan mendaftar kembali di PembaTIK untuk tahun yang akan datang sesua dengan level terakhir yang kita ikuti.

Seperti itulah cerita berbagi saya kali ini. Tetaplah berbagi berbagai hal positif ya, Sahabat..
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Referensi:




0 komentar:

Posting Komentar