Berbagi dengan Siswa SDN Sadah: Belajar di Rumah Bersama Rumah Belajar


Hallo Sahabat Rumah Belajar!

Semangat pagi selalu, yaaa💪

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 3 Oktober 2020 saya berkesempatan melaksanakan kegiatan berbagi yang ke-3, berbagi dengan siswa SDN Sadah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. 

Momen ini bertepatan dengan jadwal pengumpulan jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) semester 1 yang karena adanya pandemi covid-19 maka pengerjaan PTS semester 1 dilaksanakan di rumah dengan catatan semua soal harus dikerjakan siswa sendiri tanpa melihat buku ataupun internet dan tanpa bantuan orang tua.

Kegiatan berbagi yang dilaksanakan di ruang kelas 5 ini walaupun secara tatap muka, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Seluruh siswa diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak dengan duduk di kursi yang tidak ada tanda silangnya.


Sumber gambar: Dokumen pribadi

Materi berbagi yang saya sajikan kali ini bertema Belajar di Rumah Bersama Rumah Belajar.Saya sampaikan bahwa agar aktivitas belajar di rumah tidak jenuh mereka dapat memanfaatkan portal Rumah Belajar yang merupakan portal pembelajaran gratis dari Kemendikbud.

Rumah Belajar ini sangat mudah diakses walaupun hanya menggunakan gawai. Rumah Belajar ini dapat diakses melalui gawai dengan dua cara, yaitu melalui mesin pencari bawaan gawai maupun mesin pencari lainnya seperti Chrome, kemudian masuk ke web Rumah Belajar di laman http://belajar.kemdikbud.go.id/ dan cara kedua yaitu dengan mengunduh aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud di PlayStore untuk gawai berbasis android dan di AppsStore untuk gawai berbasis iOS.

Saya juga mengenalkan fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar. Terutama fitur Sumber Belajar yang sangat bermanfaat mambantu mereka dalam belajar. Selain itu, agar siswa tidak jenuh belajar di rumah, saya juga mengajak mereka refreshing  dengan mencoba fitur Edugame. Namun, fitur Edugame Rumah Belajar untuk saat ini hanya dapat diakses melalui web baik melalui laptop maupun gawai di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame.

Alhamdulillah mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan yang saya berikan dan mereka mengatakan akan mencobanya di rumah. 


Sumber gambar: dokumen pribadi

Terima kasih kepada Bapak Ahmad Hujaeni, S.Pd., M.Si selaku Kepala SDN Sadah yang selalu memberikan kesempatan, dukungan dan motivasi kepada saya dalam megikuti PembaTIK sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar. 

Jangan lupa untuk selalu berbagi hal positif kepada siapapun.
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain.

-----
Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Sumber referensi:

0 komentar:

Posting Komentar