Reuni, Diskusi dan Berbagi Pemanfaatan Rumah Belajar dalam PJJ dan Tips PembaTIK

 

Jarak Tak Lagi Menjadi Penghalang untuk Tetap Bersilaturahmi.

Alhamdulillah setelah sekian lama kami terpisah sejak menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2018, akhirnya kami dipertemukan kembali pada hari Kamis tanggal 1 Oktober  2020 walaupun hanya dengan tatap maya melalui zoom cloud meetings.

Selain temu kangen serta reuni dengan sahabat seperjuangan saat PPG, acara ini pun menjadi ajang kami berdiskusi dan berbagi.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tugas yang terdapat di PembaTIK level 4 tahun 2020 dan ini adalah kegiatan berbagi saya yang ke-2. Kali ini saya berkolaborasi dengan sesama SRB Banten 2020 yang juga sahabat seperjuangan satu kelas saat PPG yaitu Ibu Lilis Lisnawati, S.Pd.

Materi Berbagi

Materi berbagi yang kami angkat sebagai tema berdiskusi dan berbagi adalah terkait pemanfaatan Rumah Belajar dalam PJJ serta tips PembaTIK.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan materi tentang PembaTIK beserta tips dan trik mengikuti PembaTIK tahun 2020. 



Materi yang disajikan dalam diskusi
sumber gambar: dokumen pribadi

PembaTIK ini  kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK dan merupakan program peningkatan TIK guru yang mengacu pada  kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK UNESCO dan terdiri dari  empat level yaitu level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi.

Sedangkan tips dan trik yang saya bagikan dalam mengikuti PembaTIK tahun 2020 ini antara lain: membaca, membaca dan membaca modul, manajemen waktu serta tidak menunda-nunda pengerjaan tugas, dan kerjakan tugas semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.
Inti dari semuanya itu kembali lagi kepada motivasi kita dalam mengikuti kegiatan.

Sedangkan rekan saya, Ibu Lilis Lisnawati S.Pd menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Rumah Belajar dalam PJJ. Rumah belajar merupakan portal pembelajaran resmi dari kemendikbud yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi. 

Untuk mengakses melalui web, kita dapat menggunakan mesin pencari yang ada di laptop maupun gawai dan membuka laman https://belajar.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk aplikasi dapat diunduh secara gratis di Playstore bagi gawai berbasis android atau Appstore bagi gawai berbasis iOS dengan kata kunci Rumah Belajar Kemdikbud.

Kritik dan Saran

Oiya.. Sahabat seperjuangan saat PPG yang mengikuti diskusi ini juga memberi kritik dan saran yang Insya Allah membangun untuk peningkatan kualitas kami ke depan lhoo..
Intip yuukk sebagian kritik dan sarannya, supaya kami juga menjadi lebih termotivasi untuk lebih baik lagi😊💪

"Materi yang dibagikan sangat bagus dan dapat dijadikan motivasi bagi teman-teman guru lainnya untuk mengikuti PembatTIK dan juga membuka wawasan dalam memanfaatkan fitur rumah belajar, Terus di lakukan kegiatan ini karena sangat bermanfaat, Sudah baik, semoga bisa lebih baik lagi, Terima kasih untuk berbagi ilmunya".

Demikian sekelumit kisah berbagi dan silaturahmi dari kami SRB Banten 2020 dan sahabat seperjuangan PPG Daljab Kelas B Universitas Sultan Ageng Tirtayasa angkatan 2018.

Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk terus berbagi ya, Sahabat.
Karena kecil bagi kita, bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.
Biasa bagi kita, bisa jadi luar biasa untuk orang lain. 

-----

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Sumber Referensi:


0 komentar:

Posting Komentar