Berbagi Inovasi Pembelajaran Mengasyikkan Bersama Guru SDN Sadah


Hallo Sahabat Rumah Belajar..

Semangat pagi untuk selalu berbagi ya, Sahabat!

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Jadwal Tatap Maya/Tatap Muka PembaTIK Level 4 yang  dbuat dengan tujuan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan berbagi baik dengan tatap maya ataupun dengan tatap muka agar lebih terstruktur, kali ini saya akan berbagi cerita kegiatan berbagi yang sudah saya laksanakan.

Kegiatan berbagi yang pertama kali saya lakukan adalah berbagi dengan rekan-rekan guru di sekolah tempat saya bertugas yaitu di SDN Sadah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang . Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 28 September 2020 secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena di sekolah kami, meskipun peserta didik masih belajar dari rumah tetapi guru-guru tetap hadir di sekolah.


Materi berbagi yang saya sampaikan adalah tentang inovasi pembelajaran mengasyikkan dengan memanfaatkan Rumah Belajar. Saya mengajak guru-guru SDN Sadah untuk melakukan inovasi agar pembelajaran yang berlangsung dapat lebih mengasyikkan dan menyenangkan bagi peserta didik, walaupun saat ini pembelajaran tatap muka di kelas masih belum diperbolehkan karena akibat pandemi covid-19.

Saya menyampaikan kepada rekan-rekan guru bahwa salah satu inovasi  yang dapat dilakukan agar pembelajaran jarak jauh dapat mengasyikkan dan menyenangkan untuk peserta didik adalah dengan memanfaatkan portal pembelajaran gratis dari Kemendikbud yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud yaitu portal Rumah Belajar.

Portal Rumah Belajar dapat diakses dengan mudah,  baik melalui web yang terdapat  di  laman   https://belajar.kemdikbud.go.id/ maupun melalui aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud yang dapat diunduh di PlayStore untuk gawai berbasis android atau di Apps Store untuk gawai berbasis iOS.

Banyak fitur-fitur menarik yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi pembelajaran mengasyikkan baik fitur utama maupun fitur pendukungnya. Fitur utam dari Rumah Belajar terdiri dari Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya dan Laboratorium Maya. Sedangkan fitur pendukung Rumah Belajar terdiri dari Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, serta Edugame.





Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Dalam sesi tanya jawab, ada salah seorang rekan guru yang bertanya apakah laman web portal Rumah belajar bisa diakses di gawai atau hanya bisa di laptop/komputer. Tentu saja jawabannya adalah bisa, kita bisa mengakses laman web Rumah Belajar di gawai dengan membuka laman tersebut melalui mesin pencari yang ada di gawai baik melalui Chrome ataupun browser bawaan gawai.

Alhamdulillah rekan-rekan guru sangat antusias mengikuti kegiatan berbagi ini. Terima kasih kepada Bapak Ahmad Hujaeni, S.Pd., M.Si selaku kepala SDN Sadah yang telah menyambut hangat dan mendukung terselenggaranya kegiatan berbagi ini.

Indahnya berbagi bersama rekan-rekan seperjuangan dalam satu instansi. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut sehingga kita dapat terus bersama-sama berinovasi dalam satu tim yang solid demi kemajuan pendidikan di SDN Sadah tercinta. Aamiin Ya Robbal Aalamiin.

-----

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


Sumber Referensi:

https://belajar.kemdikbud.go.id/




0 komentar:

Posting Komentar