Bertualang ke Antariksa Sambil Belajar Berhitung

Pernahkah Sahabat melihat seorang peserta didik, terutama peserta didik di  Sekolah Dasar yang terlihat tidak bersemangat atau merasa bosan dan jenuh saat belajar berhitung?

Pasti pernah yaa.. 

Nah, sekarang ternyata belajar berhitung bisa menjadi menyenangkan untuk anak lho, Sahabat.

Gimana caranya yaa??

Yuk, mari kita cari tahu lebih jauh di tulisan saya berikut ini! Cekidot!

Berhitung merupakan salah satu kemapuan dasar yang mulai diajarkan di Sekolah Dasar selain membaca dan menulis. Dengan memiliki kemampuan berhitung yang baik, seorang anak akan dapat mengembangkan kemampuan dasar matematikanya dijenjang kelas yang lebih tinggi.

Tetapi, berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami saat beberapa tahun yang lalu mengajar di kelas rendah Sekolah Dasar (kelas 1, 2 dan 3) terkadang saya menjumpai peserta didik yang merasa jenuh, bosan sehingga menjadi kurang konsentrasi dalam belajar berhitung.

Untuk membuat peserta didik kembali bersemangat belajar berhitung tentunya ini menjadi tantangan bagi seorang guru. Terlebih dimasa pandemi covid-19 yang sedang kita alami seperti sekarang ini, di mana proses pembelajaran tidak berlangsung secara tatap muka di kelas.

Salah satu alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kejenuhan peserta didik dalam belajar adalah dengan melakukan permainan interaktif yang dapat membuat mereka kembali bersemangat untuk belajar.

Tahukah Sahabat, sekarang ada fitur baru di Portal Rumah Belajar yang dapat kita manfaatkan sebagai sarana bagi peserta didik untuk dapat bermain sambil belajar, termasuk untuk belajar berhitung. Sehingga peserta didik akan lebih bersemangat, tidak merasa bosan dan jenuh.

Fitur pendukung di Rumah Belajar yang menyajikan beragam permainan interaktif tersebut dinamakan Edugame. Untuk saat ini, Edugame Rumah Belajar hanya dapat diakses melalui web saja dan belum tersedia di aplikasi Rumah Belajar pada gawai. Semoga tidak lama lagi fitur menarik ini akan tersedia juga di aplikasi Rumah Belajar pada gawai ya, Sahabat. 

Sahabat dapat mengakses Edugame Rumah Belajar baik di laptop/pc maupun di gawai  malalui mesin pecari baik berupa Chrome, Mozilla ataupun mesin pencari bawaan laptop dan gawai. Kemudian masuk ke laman  https://belajar.kemdikbud.go.id lalu pilih fitur pendukung kemudian klik Edugame. Selain itu, Sahabat juga bisa langsung menuju web Edugame Rumah Belajar di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame . 

                                            Tampilan Awal Edugame Rumah Belajar


Pilihan Permainan di Edugame Rumah Belajar

Permainan interaktif yang terdapat dalam Edugame Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh peserta didik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru. Permainan yang dirancang dalam fitur ini dimaksudkan untuk mempermudah peserta didik memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.

Kembali ke belajar berhitung yang tadi kita bahas di atas. Ada satu permainan interaktif di Edugame Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah peserta didik belajar berhitung. Permainan tersebut bernama Petualangan Antariksa, yang terdiri dari Petualangan Antariksa vol 1 yang berisi tentang permainan penjumlahan dan pengurangan dan Petualangan vol 2 yang berisi tentang permainan perkalian dan pembagian.

Seperti ini tampilan dari kedua permainan tersebut.


                                                  Cuplikan Petualangan Antariksa Vol 1


                                                      Cuplikan Petualangan Antariksa Vol 2

Pada permainan Petualangan Antariksa ini, peserta didik akan diajak untuk menjadi seorang antariksawan yang menerbangkan pesawat antariksa. Akan ada banyak asteroid besar yang mengancam bumi. Antariksawan diminta  menembakkan misil untuk menghancurkan asteroid tersebut, dan misil dapat ditembakkan apabila kode misil telah diisi dengan benar. 

Untuk mendapatkan kode misil, yang harus dilakukan antariksawan adalah dengan mengklik asteroid yang tampil untuk menguncinya kemudian isikan jawaban dari soal yang tampil pada asteroid tersebut. Jawaban yang benar adalah kode misil.  Bila jawaban salah, maka kode misil juga salah dan asteroid tidak akan hancur. Oleh karena itu, usahakan menjawab soal pertanyaan dengan benar agar semakin banyak asteroid yang dapat dihancurkan dan pada akhirnya bumi akan terselamatkan

Bagaimana Sahabat, seru sekali bukan Petualangan Antariksa ini? 

Yuk, kita praktikkan kepada peserta didik. Insya Allah mereka akan lebih bersemangat dan tertantang untuk belajar berhitung. 


Referensi:



9 komentar: