Best Practice: Model Pembelajaran SOLE dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar

Assalamualaikum wr wb..

Hallo Sahabat di mana pun berada, bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga kita semua tetap dalam keadaan sehat dan tetap semangat menjalani hari walaupun sampai saat ini pandemi covid-19 belum berakhir. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya, Sahabat. Karena mematuhi protokol kesehatan adalah salah satu cara untuk memutus penyebaran virus covid-19.

Sudah beberapa bulan lalu, sejak pandemi covid-19 merebak, pemerintah memberlakukan aktivitas belajar dari rumah bagi peserta didik. Tentu ini perlu pembiasaan untuk pelaksanaannya, baik bagi guru maupun peserta didik. Karena mau tidak mau dengan perubahan wajah pendidikan di negeri tercinta ini, yang biasanya kita melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelas kini seluruh guru dan peserta didik harus mulai terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh.

Baik, di sini saya akan coba membagikan praktik baik (best practice) yang saya lakukan pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 ini dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi berbasis TIK yang disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki peserta didik, dan tak lupa saya juga memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai salah satu sumber belajar. 

Portal Rumah Belajar ini dapat diakses baik melalui web https://belajar.kemdikbud.go.id/ maupun diunduh melalui aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud di Google PlayStore untuk gawai berbasis android dan di AppsStore untuk gawai berbasis iOS

Model Pembelajaran SOLE

Model pembelajaran yang saya gunakan adalah model pembelajaran SOLE (Self  Organized Learning Environments). Model pembelajaran ini menitikberatkan pada pembelajaran mandiri dengan memanfaatakan perangkat pintar yang dimilikinya.

Sumber gambar: https://pbs.twimg.com//

Sintaks dari model pembelajaran SOLE ini terdiri dari 3 langkah yaitu:

  1. Pertanyaan Besar (Big Question). Guru memberikan pertanyaan yang dapat menimbulkan keingintahuan peserta didik. Pertanyaa yang diberikan merupakan pertanyaan besar, maksudnya pertanyaan tersebut dapat diturunkan menjadi lebih banyak lagi terhadap materi yang diajarkan. Saat itu saya sedang memberikan materi gerhana bulan dan matahari. Big question yang saya berika adalah "Apakah Gerhana Itu?"
  2. Investigasi (Investigation). Peserta didik bekerja dalam kelompok kecil dan saling berkolaborasi menggunakan satu perangkat internet untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Peserta didik saya ajak untuk memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam mencari informasi terkait biq question yang saya berikan.
  3. Mengulas (Review) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil jawaban yang mereka peroleh, dan guru memberikan umpan balik terhadap jawaban yang telah diberikan. Setelah tiap kelompok melakukan review, kemudian saya membeikan umpan balik atas jawaban yang telah disampaikan peserta didik.

Semoga praktik baik (best practice) saya menggunakan model peembelajaran SOLE dan memanfaatkan Portal Rumah Belajar ini dapat bermanfaat bagi Sahabat, dan  menjadi alternatif pembelajaran jarak jauh yang sedang kita laksanakan.

Jangan lupa untuk tetap meamnfaatkan Portal Rumah Belajar ya, Sahabat.

Wassalamualaikum wr wb

-----
Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Referensi:




0 komentar:

Posting Komentar